Rabu, Juli 02, 2008

Hemat BBM, Hemat Kantong

BBM semakin hari semakin mahal. Ya to? Ya. Lalu gimana ya caranya agar kendaraan kita tidak boros BBMnya? Ya tentunya kalo beli motor apa mobil yang hemat BBM dong. Tapi itu gak selalu sih. Banyak juga yang beli motor misalnya beli yang bensinnya ngirit. Tapi dalam kesehariannya naiknya ngebut, filter udara dilepas, servis kalo pas ada kerusakan aja, kalo belum rusak belum servis. Itu sama aja bohongnya. Berikut ini hal-hal yang saya ketahui bagaimana yang disebut hemat BBM dan hemat kantong khususnya buat motor mania.
1. Kalo naik motor jangan stop and go. Maksudnya? Gini, kalo kita naik motor, kebanyakan dari berhenti langsung tancap gas, trus ngeremnya mendadak. Ini yang bikin bensin kesedot banyak. Mestinya gas ditarik bertahap, trus kalo pas mau berhenti ngeremnya jangan mendadak. Bensin dihemat dari mainkan gas, bukan mainkan rem. Kalo gini kan selain hemat bensin juga hemat kampas rem.
2. Filter udara jangan dilepas. Kebanyakan nih terutama anak-anak muda (yang tua berjiwa muda juga ada) biar keliatan keren dan berharap tenaga bertambah. Padahal kalo diukur pake dyno test (alat buat ngukur tenaga motor) tenaga malah turun. Selain itu, debu dan kotoran juga nggak kesaring dulu, langsung masuk ke karburator sama mesin. Debu-debu halus itu bagaikan amplas yang mengikis mesin, juga bikin karbu cepet kotor. Filter dilepas juga bikin bensin lebih boros lho. Nggak percaya? Coba dibandingin kalo filternya gak dilepas.
3. Servis kalo pas ada kerusakan. Ada pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini sama juga yang terjadi pada motor-motor anda. Bukankah lebih baik kalo servis rutin. Ya sih, ngluarin duit. Tapi kan nggak sebanyak kalo udah rusak baru ke bengkel. Mending kalo rusaknya nggak parah. Kalo parah kan tambah banyak ongkosnya.
4. Spuyer dikecilin dengan harapan bensin lebih irit. Secara logis bener sih. Tapi suplai bensin dari karbu standar itu udah di itung sama pabriknya, plus akibatnya. Mesin kalo suplai bensinnya kurang bikin cepet panas. Lama-lama bisa bikin rusak mesin. Pinginnya mau irit malah keluar duit banyak buat benerin motor. Emang ada beberapa tes dari pakar otomotif tentang spuyer standar bisa dikecilin atau dibesarin. Tapi nggak buat semua motor lho.
5. Pake oli murah juga nggak mesti bikin irit lho. Mending beli oli yang lebih mahal, tapi jarak tempuhnya bisa jauh. Oli murah jarak tempuhnya gak lama. Baru ganti udah minta ganti lagi. Mending pake oli yang lebih mahal kan? Selain itu aditif olinya juga bagusan yang lebih mahal, jadi mesin lebih awet. Atau kalo gak ngikut standar pabrikan juga lebih baik.
6. Periksa tekanan ban. Tekanan ban kalo terlalu keras nggak baik. Terlalu kurang juga nggak baik. Sesuai spesifikasi standarnya aja. Ban kalo terlalu keras, getarannya terasa banget. Yang kena pengaruhnya yaitu shock, trus juga komstir stang. Bisa bikin komstir cepet kendor. Kalo kurang angin juga nggak baik. Bikin gesekan ban dan jalan semakin besar, sehingga tenaga mesin terhambat. Ujung-ujungnya bensin yang kesedot lebih banyak.
7. Ganti onderdil yang sudah saatnya diganti. Kebanyakan kita suka mundur-mundur kalo ganti onderdil (kaya bayar utang ya, mundur-mundur). Onderdil yang ada pada motor tuh satu kesatuan. Satu sama lain saling mendukung. Jika satu rusak, yang lain pasti cepet ato lambat bakal rusak juga. Misal nih, belum ganti kampas rem kalo belum abis bener. Maksudnya ngirit sih, umur pake kampas lebih lama. Tapi kalo kampas rem kelewat tipis, bisa-bisa besi ketemu besi. Besi tromol/cakram, lama-lama bakal terkikis, akhirnya ganti cakram, ganti tromol. Jadi keluar duit kan. Begitu juga dengan kampas kopling, busi, per kopling, ring piston dan piston, dan lain-lain.
Jadi kalo pingin hemat bensin, hemat kantong, ya ikutin aja tuh aturan pabrikan. Selain hemat BBM, hemat kantong kita juga ngebantu lingkungan lho. Kalo motor sehat, brarti emisi minimal. Baik lagi kalo ente kemana-mana naim sepeda, nggak pake bensin tuh. (Tapi rumah jauh banget bosss). Nggak cuma itu aja lho cara hemat bensin, masih banyak lagi yang bisa kamu dapetin lewat majalah otomotif, artikel, tanya sama pakarnya ato search di internet.

Tidak ada komentar: