Senin, Juli 28, 2008

Pilih OS Installed Atau DOS

Untuk mendukung UU tentang Hak Kekayaan Intelektual, maka sekarang penginstalan operating system bukan hal yang murah. Sudah sangat jarang ditemui toko komputer yang menggunakan software ilegal. Kalau mau yang bajakan hal tersebut jadi urusan pribadi user. Jadi untuk membeli notebook perhatikan tentang OS-nya.
Untuk hal ini, dibagi menjadi dua, yang dengan OS (Windows, Linux, Mac) dan tanpa OS, biasanya DOS. Dua hal tersebut punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk yang dengan OS, biasanya harganya lebih mahal ketimbang non OS. Tetapi hal tersebut sebenarnya lebih murah dari pada kita membeli OS secara terpisah. Misal Acer Aspire 2920 tanpa OS Windows Vista dijual 7,7 juta. Yang dengan OS seharga 8,3 juta. Selisihnya sekitar 600 ribuan. Bila dibandingkan dengan membeli OS Windows Vista yang kira-kira seharga 800 – 900 ribuan, itu akan menghemat 200 sampai 300 ribu.
Disamping itu untuk masalah familiar atau tidaknya. Kalau anda pilih yang tanpa OS, jika anda tidak ingin mengeluarkan biaya beli OS, Linux adalah pilihan bagi OS yang tidak berbayar. Namun, tidak semua orang familiar menggunakan Linux. Oleh karena itu, ada keuntungan dan kerugian dalam membeli notebook yang dengan OS atau tanpa OS. Bukan hal tidak mungkin jika akan diberlakukan UU HAKI bagi konsumen, karena sekarang penjual sudah di berlakukan aturan tersebut. Jadi jangan sampai anda dipenjara dan membayar denda hanya karena masalah operating system komputer anda.

Tidak ada komentar: