Senin, Juli 28, 2008

Menanam Pohon Bagian Dari PKB

Bagaimana ya, kalo menanam pohon bagian dari PKB. Eit, tapi ini bukan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa). PKB disini maksudnya Pajak Kendaraan Bermotor. Ini sekedar usulan saja, hitung-hitung untuk program Save Our Planet. Aturannya misal untuk motor dua pohon, mobil sepuluh pohon, truk tiga puluh pohon dan seterusnya. Penyumbang polusi juga berkewajiban menanggulangi polusi.
Jumlah kendaraan di Indonesia sekitar 40 juta, 60 % nya adalah motor. Dengan jumlah segitu didapat 208 juta pohon yang ditanam. Cukup signifikan bukan, untuk direalisasikan di negara kita. Padahal diketahui sebuah pohon besar mampu menyerap 12 kg karbondioksida per tahun dan menghasilkan 6 kg oksigen per tahun. Dengan angka segitu akan didapat penyerapan 2, 496 juta ton karbondioksida per tahun dan menghasilkan 1,248 juta ton oksigen.
Selain itu untuk daerah tandus, mampu menghijaukan sekitar 208.000 hektar. Angka itu baru di dapat dari dua untuk motor dan sepuluh untuk mobil. Coba kalau angka tersebut dinaikkan. Berapa hasilnya?

Tidak ada komentar: