Senin, Juli 28, 2008

Kefir, Minuman Susu Fermentasi Yang Menyehatkan

Apakah kefir itu?Bagi anda orang awam memang kefir tidak seterkenal yogurt ataupun yakult. Sama halnya yogurt dan yakult, kefir adalah minuman yang didapat dari hasil fermentasi susu. Bisa susu sapi, kambing, kerbau ataupun kuda. Kefir memang tidak sepopuler yogurt, tetapi jangan ditanya soal manfaatnya. Terbukti dengan sembuhnya Pak Slamet yang beralamatkan di Medayu Selatan IV/17 Kompleks Perumahan Kosagra, Rungkut, Surabaya, sembuh dari sakit liver kronis setelah rutin minum kefir. Kefir tersebut dibuat oleh istrinya Ny. Soejatni yang sekarang aktif memperkenalkan manfaat kefir itu sendiri.
Bukan hal yang sulit untuk membuat kefir, karena kita-kita pun dapat dengan mudah membuatnya. Satu sendok makan bibit kefir dengan satu sendok makan susu rendah lemak sudah dapat digunakan untuk mendapatkan setengah sampai satu liter kefir. Setelah dicampur, ditempatkan di dalam toples atao botol dan ditutup selama 24 jam, maka akan jadilah kefir.
Kefir yang telah jadi, akan menjadi dua bagian, yang bawah adalah kefir yang siap diminum dan bagian atas adalah bibit kefir yang menyerupai ampas tahu yang dapat digunakan untuk membuat kefir selanjutnya. Jika dilihat-lihat, kefir mirip dengan air rebusan beras (tajin).
Apa saja kandungan kefir? Kefir mengandung bermacam-macam bakteri baik untuk tubuh seperti halnya yogurt. Beberapa bakteri itu antara lain Lactobacillus acidophilus, Lb kefiri, Lb kefirgranum, Lb parakefir, Lb delbrueckii supbsp. bulgaricus, Lb fructivorans, Lb kefiranofaciens, dan Lactococci. Kefir juga mengandung kalsium, asam folat, vitamin B, dan mineral lain. Kefir dapat menghindari risiko terkena kanker kolon, memperlancar buang air besar, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, mencegah infeksi saluran urine, hingga merangsang pembentukan sistem imun atau kekebalan tubuh. Masih banyak lagi khasiat kefir yang tidak disebutkan. Oleh karena itu anda harus mencobanya sendiri.
Menurut cerita kefir berasal dari Rusia, di pegunungan Kaukasius. Dimana dulu Nabi Muhammad SAW memberikan bibit kefir dan mengajari cara membuatnya bagi masyarakat di sana. Oleh karena itu banyak dijual bibit kefir dan kefir di daerah tersebut.
Lalu bagaimana jika anda ingin membuat kefir tapi tidak memiliki bibit kefir? Anda bisa langsung ke tempat Ny. Soejatni, karena setiap membeli kefir disana akan mendapat bonus bibit kefir. Satu botol ukuran satu liter dihargai Rp 15.000,-. Bagi Ny. Soejatni, alangkah bangganya jika ia dapat membuat orang mendapat manfaat dari kefir dan orang tersebut mampu membuat kefir sendiri.

Dari Berbagai Sumber
Untuk informasi tambahan lain bisa search di Google tentang Kefir.

Tidak ada komentar: