Rabu, Juli 02, 2008

Yang Bisa Kita Lakukan Buat Bumi Yang Tambah Panas Ini


Makin hari rasanya bumi kita makin panas aja. Beraktivitas jadi nggak enak. Belajar jadi nggak konsentrasi. Karyawan yang kerja produktivitasnya nggak maksimal, stamina turun, gampang sakit. Sebenarnya bumi ini rusak karena ulah kita juga lho. Buang sampah sembarangan, nebang pohon sembarangan. Pohon itu kan bisa menghisap karbondioksida yang bisa nebabin efek rumah kaca. Harusnya jangan ditebang. Kalo bisa malah kita harus banyakin nanam pohon. Lahan-lahan hijau kan makin berkurang.
Saya ada beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan agar bumi kita nggak tambah panas dan juga ramah lingkungan. Pertama kita harus menanam pohon sejak sekarang. Manfaatnya nggak cuma sekarang aja, tapi untuk generasi selanjutnya juga. Trus kalo pake motor juga harus dirawat. Soalnya kalo nggak dirawat emisinya jadi lebih banyak. Mungkin harus ada aturan baru tentang kendaraan bermotor kali ya. Bagi pengguna motor diwajibkan menanam minimal dua pohon yang harus dipelihara sampai besar. Kemudian yang pake mobil minimal menanam sepuluh pohon, truk tiga puluh pohon, dan seterusnya. Mungkin kalo ada aturan begini, laju pemanasan global bisa kita kurangi ya. Gimana ada yang nggak terima? wajar, namanya juga cuma ide. Hehehe...
Pake listrik seperlunya aja, pake lampu yang hemat listrik, pake alat yang hemat listrik. Saya aja ngetik ini pake laptop pentium dua lho, watt-nya 95. Bahkan ada laptop baru sekarang malah cuma 60 watt. Bandingkan dengan komputer saya yang 380 watt. Jauhkan? Pakai lampu juga yang hemat listrik. Lampu pijar lebih boros listrik dibanding lampu neon ataupun lampu fluorescent (lampu hemat energi). Memang sih lampu hemat energi lebih mahal, tapi kita kan turut membantu lingkungan, plus listrik lebih hemat, jadinya rekening listriknya lebih murah. Selanjutnya dengan memanfaatkan hal-hal yang bisa di daur ulang. Kertas misalnya, daripada dibakar, lebih baik dijual di pembeli kertas bekas. Selain bantu lingkungan dari asap pembakaran kertas, kita juga dapet duit dari jual itu kertas kan.
Cabut alat listrik yang nggak dipake. Tau nggak, sebuah DVD Player yang selama semalaman nggak dicabut, menghasilkan rata-rata 20 kg karbondioksida. Lho kok bisa? Listrik yang kita pake dari PLN sebagian menggunakan BBM untuk membangkitkan listrik. Jadi kalo dibuat perhitungannya kira kira dalam semalam mengasilkan 20 kg CO2. Kalo sebulan, setahun berapa?Banyak kan?
Kalo mandi, mending pake shower, karena lebih hemat air daripada pake gayung. Trus juga hemat listrik karena pompa air lebih nggak sering nyala buat naikin air ke tower air. Lho kalo nggak ada showernya kamar mandinya. Buat yang belum bikin kamar mandi bak, mendingan bikin yang pake shower. Kalo yang udah terlanjur pake bak, ya beli shower nggak apa-apa kan? Modal dikit buat nyelamatin lingkungan kita.
Bikin sumur resapan air hujan. Fungsinya untuk menabung air di musim hujan, supaya menyuplai air di musim kemarau. Banyak rumah yang dibangun tidak membuat resapan air hujan. Seringnya langsung dibuang ke selokan ato ke jalan. Jadinya malah air sungai kalo hujan debitnya naik banyak, dan jalanan malah banjir. Harusnya kan bikin sumur resapan. Jadinya air hujan tidak terbuang percuma. Ato jika tidak memperbanyak lubang bio pori. Itu lho lubang sebesar pipa pralon kira-kira ukuran 3" yang fungsinya sebagai pintu masuknya air ke dalam tanah, sehingga mengurangi banjir. Ibu Presiden Ani Yudhoyono aja sangat mendukung program bio pori ini lho.
Kira-kira itu beberapa cara kita turut menjaga lingkungan, agar lingkungan yang kita cintai ini juga menjaga kita.

Tidak ada komentar: